Jumat, 24 Februari 2017

IDEALISME ANTRIAN (SEBUAH JAMINAN KUALITAS DAN PELAYANAN)

Mesin antrian END Que
Siapa sangka dari hal remeh seperti antrian pengunjung atau konsumen, menciptakan sebuah produk yang sekarang diperhitungkan oleh setiap pelaku bisnis. Sistem antrian, mesin antrian, alat antrian, manajemen antrian, KiosK antrian dan masih banyak lagi sebutan untuk produk ini. Sistem ini sendiri sampai hari ini masih tidak jelas bagaimana menyebutkanya, karena setiap konsumen kadang menyebutkan namanya sesuai dengan definisinya masing-masih. Setelah ini kita akan menyebutkan "Mesin Antrian END Que". Mesin Antrian END Que dibutuhkan untuk memanajemen sekelompok orang yang ingin mendapatkan pelayanan.

Timbulnya antrian
Antrian bisa terjadi ketika kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan atau kapasitas fasilitas pelayanan, sehingga pengunjung tidak bisa segera mendapatkan pelayanan karena kesibukan fasilitas layanan. Mengurangi antrian atau mencegah timbulnya antrian maka diperlukan tambahan fasilitas pelayanan. 

Penambahan fasilitas pasti membutuhkan investasi tambahan yang tidak sedikit, menambah properti dan juga gaji karyawan. Pengambilan keputusan untuk menambah investasi bisa menjadi pisau berkepala dua. Ada waktu tertentu dimana antrian berkurang, jika investasi sudah ditambahkan maka ada biaya tunggu yang dikeluarkan karena karyawan tidak bisa langsung dialihkan pada kegiatan lain. Biaya tersebut menjadi sangat buruk ketika terus menerus terjadi penurunan kebutuhan akan layanan, tapi gaji karyawan setiap bulan kita keluarkan. Maka dari itu, para pelaku bisnis memilih untuk mempertahankan antrian pengunjung selama masih batas wajar, disisi lain kualitas pelayanan dipertaruhkan.

Antrian tanpa sistem
Bagaimana bisa sekelompok orang yang datang untuk tujuan yang sama harus dibuatkan sistem sendiri yang mengaturnya? Ternyata sekelompok orang tersebut ingin mendapatkan sebuah kepastian dan kenyamanan untuk mencapai tujuan mereka, yaitu mendapatkan pelayanan. Setiap antrian yang tidak tersistem mengakibatkan ketidakpastian bagi yang mengantri. Berbagai ketidakpastian karenanya banyaknya pertanyaan yang timbul, seperti,

"Kapan mendapatkan giliran dilayani?"

"Berapa orang lagi yang dilayani?"

"Berapa lama lagi harus menunggu?"

"Siapa saja disini yang mengantri untuk mendapatkan pelayanan yang sama?"

"Bagaimana jika ada orang yang menyerobot antrian?"

Banyaknya pertanyaan yang tidak terjawab menjadi ketidakpastian, dan ketidakpastian mengakibatkan ketidaknyamanan, akhirnya setiap pengunjung mendapatkan kesan yang jika bisa mereka tidak datang kembali. Tentu hal ini menjadikan kualitas pelayanan menjadi buruk, karena kepuasan konsumen tidak terjadi.

Sebuah sistem, alat, aplikasi, software atau mesin antrian telah di develop (bangun), tidak lain untuk menjelaskan berbagai ketidakpastian atas pertanyaan diatas dengan tujuan menciptakan kepuasan konsumen atau pengunjung.

Kebutuhan mesin antrian dianggap tidak mendesak dan kadang diadakan dari sisa-sisa anggaran oleh beberapa instansi pemerintahan. Namun banyak instansi pemerintahan yang mulai merancang untuk mengadakan mesin antrian bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga memilih mesin antrian END Que untuk menunjangnya.

Berbeda dengan perusahaan swasta mengenai cara penggunaan mesin antrian. Mesin antrian sebagai alat ukur sendiri mengenai kapasitas perusahaanya dan kinerja karyawan. Hal terjadi karena bisnis yang berkembang dan interaksi dengan konsumen menjadi sangat penting. Perusahaan swasta memilih varian mesin antrian sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini untuk menyokong kebutuhan mereka. Berkali-kali membutuhkan diskusi untuk menganalisa kebutuhan mereka, hal ini yang tidak bisa dilakukan instansi pemerintahan untuk menentukan varian mesin antrian yang tepat.

Team Nakula Sadewa, CV sangat terbuka kepada semua calon konsumen untuk berdiskusi mengenai permasalahan antrian, sehingga tidak salah untuk menentukan varian antrian mana yang tepat. Nakula Sadewa, CV memberikan jaminan dengan memiliki kasus error yang sedikit, dan kecepatan untuk merespon keluhan konsumen pengguna. Ditambahkan lagi team Nakula Sadewa memberikan pelayanan hampir 24 jam, dengan tujuan untuk menghindari proses pemasangan atau perbaikan pada waktu pelayanan.

0 komentar: