Selasa, 09 Februari 2016

KIOSK PALEMBANG ft. INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

Survey Kepuasan Masyarakat
Rumah Sakit Khusus Mata Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Menjadi deal pertama kami di tahun 2016 untuk produk Indeks Kepuasan Masyarakat atau IKM. Indek Kepuasan Masyarakat yang diminta oleh pihak Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera ini sedikit berbeda dengan yang sudah kami kembangkan selama ini. Format Indeks Kepuasan Masyarakat yang dimiliki oleh pihak Rumah Sakit lebih sederhana dan mudah dimengerti, namun memiliki hasil yang baik. Mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 mengenai Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintahan.

Pengadaan alat Indeks Kepuasan Masyarakat ini juga sebagai bentuk upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan diadakanya Survey Kepuasan Masyarakat digunakan sebagai bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan hasilnya bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas publik selanjutnya. Melihat dari kebutuhan dan manfaatnya pengadaan Indeks Kepuasan Masyarakat ini sangatlah penting untuk membantu peningkatan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan.
Survey kepuasan masyarakat

"Karena itu dengan adanya suatu aplikasi yang sudah terkomputerisasi akan lebih mempermudah dan terutama lebih menarik pengunjung untuk memberikan penilaian kinerja tidak hanya rumah sakit, melainkan seluruh instansi pelayanan publik"
CEO Nakula Sadewa 

Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat milik Nakula Sadewa tersedia dalam beberapa tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi terkait. Sistem yang dimiliki juga dapat disesuaikan dengan jaringan yang sudah terinstalasi, serta dapat terintegrasi satu sama lain. Penggunaan aplikasi sebagai alat bantu dalam Survey Kepuasan Masyarakat menjadi penting akhir-akhir ini. 

Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan menggunakan tipe tinggi dengan KiosK untuk IKM nya, spesifikasi sebagai berikut:
  1. KiosK, berbahan plat besi dengan ketebalan 1,5 mm, menggunakan cat duco untuk finishing nya. Untuk mempercantik ditambah stiker branding dengan bahan vinyl, glosy.
  2. Touchscreen, menggunakan LCD milik LG dengan ukuran 17 inch.
  3. PC, didukung motherbard milik Gigabyte yang sudah mendukung untuk dual view melalui VGA dan HDMI, menggunakan RAM sebesar 2 Gb untuk mempercepat proses pengolahan data.
Berikut tampilan aplikasi untuk Survey Kepuasan Masyarakat:
Survey Kepuasan Masyarakat
IKM 1: Tampilan Depan
Pada Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat kali ini kita memenuhi permintaan yang diajukan oleh pihak Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan dengan pengisian biodata pengunjung, dimaksudkan untuk mengetahui demografi pengisi Survey Kepuasan Masyarakat. Dengan begitu Indeks Kepuasan Masyarakat lebih mudah untuk diinterpretasikan.
Survey Kepuasan Masyarakat
IKM 2: Halaman identitas pengunjung
Apabila form pada halaman identitas pengunjung tidak lengkap akan muncul pesan bahwa data tidak lengkap dan harus diisi.
Survey Kepuasan Masyarakat
IKM 3: Pesan untuk melengkapi data
Setelah data pengunjung sudah lengkap untuk diinput akan muncul Pop-Up pemberitahuan bahwa pengisian identitas berhasil dan berlanjut untuk mengisi survey.
Survey Kepuasan Masyarakat
IKM 4: Data berhasil disimpan
Selanjutnya akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan oleh pihak Rumah Sakit, pertanyaan ini dinamis. Sehingga pertanyaan dapat ditambahkan, dikurangi ataupun dirubah sesuai materi yang diinginkan untuk diukur.
Survey Kepuasan Masyarakat
IKM 5: Tampilan alat survey Nakula Sadewa
Setiap selesai memberikan jawaban akan muncul Pop-Up ucapan terimakasih dan melanjutkan ke pertanyaan survey selanjutnya,
Survey Kepuasan Masyarakat
IKM 6: Melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya
Setelah semua pertanyaan berhasil dijawab pengunjung disambut dengan ucapan Terima Kasih, dan halaman akan kembali ke tampilan awal.
Survey Kepuasan Masyarakat
IKM 7: Terima Kasih
Dengan demikian kita mengharapkan akan mempermudah serta membuat pengunjung tertarik mengisi Survey Kepuasan Masyarakat ini. Terisinya Survey Kepuasan Masyarakat ini akan mempermudah pihak Rumah Sakit mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang telah diberikan.

0 komentar: